bola

Terbanglah Lebih Tinggi, Garuda!

supoter-timnas

Keriuhan mengenai kekuasan masih terjadi. Sandera menyandera mengenai kepentingan masih berlangsung. Entah sampai kapan akan berlangsung, mungkin sampai mereka haus dan lelah memperjuangkan kepentingan dirinya dan golongan sampai lupa dengan rakyat yang katanya mereka wakilkan.

Garuda-garuda muda yang katanya harapan bangsa kembali bersiap untuk terbang lebih tinggi lagi bahkan sudah ada yang berjuang di medan laga. Garuda-garuda muda yang sudah mulai diganggu oleh kepentingan para penguasa dan lahan mengeruk uang dengan mengatasnamakan tur nusantara yang bermain dua hari sekali akan membuktikan dirinya bahwa tur tersebut dapat membuahkan hasil yang baik bagi prestasi sepakbola nasional.

Mereka adalah sebagian dari pahlawan, berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia, berjuang untuk memberikan prestasi terbaik bagi Ibu Pertiwi yang terus menerus menantikan prestasi dari cabang olahraga yang paling digemari oleh sebagian besar anak-anaknya.

Mereka adalah anak-anak muda yang berjuang untuk mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional. Mereka adalah sayap-sayap sang garuda yang akan membentangkan sayapnya sampai ke ujung dunia. Menorehkan sebuah catatan emas di lembar sejarah kehidupan dalam diri mereka dan inspirasi bagi orang lain untuk dapat terus berjuang membuat garuda terbang semakin tinggi lagi.

Tuntutlah ilmu sampai ke Tiongkok.

Sekarang, mereka berlatih sampai ke Eropa lebih tepatnya persiapan menjelang laga sebenarnya di Myanmar dan semoga saja mereka dapat menembus ke final atau bahkan dapat juara di AFC U-19 agar dapat terus melaju mengepakan sayap garuda di Selandia Baru pada tahun depan. Di Myanmar Indonesia mendapatkan grup yang lumayan berat karena ada Australia, dan juga masih ada U.E.A sama Uzbekistan.

Setiap perjuangan akan membuah hasil, entah itu cepat atau lama tetapi hasil itu akan terlihat bila mereka tetap berjuang. U-19 merupakan sebuah harapan besar, namun terlalu dini bahkan bahaya mendapuk mereka sebagai generasi emas di pundak mereka yang masih kecil untuk menopang beban yang besar tersebut.

U-19 merupakan suatu jawaban atas puasa gelar di kancah internasional, namun masalahnya prestasi yang mereka hasilkan masihlah di level junior, bukan senior. Mereka masih harus terus berlatih dan membuktikan bahwa mereka layak untuk menerima harapan yang besar tersebut. Kita memang berharap U-19 untuk dapat terus berprestasi, namun jangan lupa untuk berharap ada perbaikan di tubuh federasi agar dapat menghasilkan garuda-garuda muda yang lebih perkasa dan tangguh dari sebelumnya.

Pembinaan merupakan sebuah jawaban dari pertanyaan, mengapa prestasi sepakbola Indonesia terasa gitu-gitu aja? Pembinaan yang tidak dilanjuti dengan serius padahal banyak pemain yang pada usia mudanya sudah menorehkan prestasi gemilang dan tidak sedikit dari pemain-pemain yang berprestasi akan hilang di tahap selanjutnya. Berapa banyak pemain yang diterbangkan ke Uruguay? Dan berapa banyak mereka yang beredar di timnas?

Untuk menghasilkan prestasi di level senior membutuhkan pembenahan dalam sistem pembinaan, mungkin kita dapat melihat hasil dari pembenahan yang dilakukan di sepakbola Jerman yang hasilnya mereka dapat menjuarai turnamen terbesar di Brazil. Selain dalam sistem pembinaan, investasi dalam sarana prasana dan kompetisi merupakan elemen yang dapat dilakukan untuk menghasilkan generasi yang lebih kuat lagi untuk terbang lebih tinggi dari sebelumnya.

DSC01382

Bahkan kisah perjuangan U-19 di Batu sampai dituliskan dalam sebuah buku dan difilmkan. Harapan kepada mereka memang besar, semoga pundak kecil mereka kuat menampu beban besar itu. dan semoga saja, bila mereka gagal kita tetap mendukung mereka dan siapapun yang akan membela Indonesia di cabang olahraga sepakbola.

U-19 merupakan salah satu harapan untuk masa depan. Mereka adalah pembuka untuk harapan-harapan selanjutnya dari prestasi sepakbola Indonesia. Bila dapat dikatakan mereka merupakan langkah awal untuk garuda dapat terbang yang lebih tinggi.

Oh iya, jangan melupakan juga U-23 yang sedang berlaga di Asian Games yang kemarin mereka habis melibas timnas Timor Leste dengan skor yang cukup besar. 7-0. Selamat! Semoga pulang membawakan prestasi yang membanggakan bagi ibu pertiwi.

Bahagiakan lah kami kembali dengan prestasimu, garuda-garuda muda!

Entah mengapa lagu Easy Tiger yang Ayo, Garuda Bentangkan Sayapmu dan SO7 yang Pemenang menjadi teman saat menuliskan tulisan ini dan tema untuk perjuangan U-23 dan U-19.

“Bersiaplah, bersiaplah

Berjuang tuk menjadi pemenang

Bersiaplah, bersiaplah

Persaingan di depan semakin berat”

Pemenang – Sheila On 7

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s