arsenal

One Aaron Ramsey!

Image

 Pria muda asal Wales yang tak mengenal kata lelah dan tidak pernah kehabisan oli untuk terus bergerak. Bakatnya terendus oleh dua klub besar asal Inggris, yaitu Manchester United dan Arsenal. Suatu pilihan bijak dengan pertimbangan lain ia memutuskan untuk bergabung bersama Arsenal, namun saat masuk di Arsenal, dia tidak langsung masuk tim inti malah dia dikembalikan ke klub lamanya Cardiff sebagai pemain pinjaman.

“When you come here you learn to play the Arsenal way. That’s not just a style of play, it’s a mentality. Yes, you have to master quick one-two touch passing with lots of movement, but you also have to learn what it is to be an Arsenal player – you have to believe in it.” – Aaron Ramsey

Sekembalinya ke Arsenal, dia mengalami masa yang sulit bahkan terancam untuk tidak dapat melanjutkan karirnya. Sebuah terjangan dahsyat dari pemain rugby menghantam keras kakinya yang membuat dirinya harus menepi untuk penyembuhan dari kakinya yang patah. Tackle yang mengerikan dan gue pun tidak sanggup untuk melihatnya kembali.

Semua menangis, bahkan Shawcross pun merasa bersalah dengan apa yang terjadi pada Ramsey. Ramsey yang masih dalam keadaan shock saat itu tidak mau menerima permintaan maaf dan bertemu dengan Shawcross, tapi setelah itu tampaknya mereka sudah berdamai.

Setelah kejadian patah kaki itu… dia kembali!! Gue masih ingat gimana sebuah pagelaran besar terjadi di OT dan pemain ingusan yang dulu menolak untuk bergabung dengan pemilik rumah tersebut membuat seluruh fans mereka terdiam. Ssst… Aaron Ramsey mencetak satu gol untuk memastikan kemenangan Arsenal yang disambut gegap gempita.

***

 Image

Dua talenta yang diharapkan untuk menjadi kekuatan Arsenal di masa depan, bahkan sampai banyak media yang memberikan duet Ramsey dan Wilshere adalah penerus dari duet Xavi dan Iniesta. Mungkin untuk sekarang ini banyak yang mulai meragukan hal tersebut dengan pendapat bila Ramsey merupakan salah satu pemain yang penampilannya kurang memuaskan.

Musim lalu adalah musim pertamanya Ramsey kembali bermain penuh dalam semusim sejak insiden kejadian yang pernah menimpanya, dan musim lalu juga dia sering di plot bukan di tempatnya, ia digeser ke sayap yang menimbulkan dia harus belajar dan menikmati posisi barunya tersebut. Di tambah musim lalu, Wilshere pun tidak main karena cedera yang ia alami saat pertandingan persahabatan di awal musim.

Musim yang berat bagi anak muda ini, setelah kejadian yang ia alaminya dulu membuat dirinya trauma dan tidak seperti yang dulu lagi, ditambah pada musim itu ia kehilangan mentornya yang menjadi pelatih timnas Wales saat itu. Garry Speed. Pelatih yang saat itu mempercayakan ban kapten Wales kepada anak muda ini. kehilangan itu membuat penampilannya menjadi angin-anginan.

Image

Seperti yang gue pernah ucapkan di akun twitter pribadi, “Ramsey itu merupakan pemain yang lucuk, ketika bermain bagus dia malah tidak disorot oleh banyak orang, sedangkan ketika bermain jelek selalu tersorot.”

Dan kemarin pun gue membagikan bagaimana statistik Ramsey pada musim ini ketika bermain di BPL,  rata-rata keakuratan operannya mencapai 89% dan ternyata itu mematahkan anggapan orang bila Ramsey yang memegang bola dia akan bingung untuk mengoper kemana lalu akan kehilangan bola tersebut.  Selain hal itu, yang menambah kekuatan untuk mematahkan anggapan itu adalah persentase key passesnya sampai 31 dan melakukan dua assist. Tidak buruk, dan pertumbuhannya di musim ini menakjubkan.

Setelah ia dipinggirkan dari posisinya untuk belajar dari nol lagi di flank, lalu kembali lagi di lini tengah Arsenal berduet dengan Arteta. Ah, gue tidak akan membahas persoalan yang disini karena ini telah dibahas lebih mendalam oleh @indocannon . yang jelas dia bertumbuh untuk menjadi kuat dan menyakini bila dia adalah salah satu masa depan Arsenal yang cerah.

Image

 Image

Ramsey dia tidak pernah mengeluh dan ketika orang-orang mengkritiknya dengan keras, dia menerimanya dengan lapang dada dan mengakui bila penampilannya yang buruk selama musim yang lalu. Sekarang, perlahan dia mulai mengantikan peran Diaby untuk berduet dengan Arteta di tengah, tempatnya di Wales yang dulu pernah hilang sekarang kembali lagi ia tempati.

Masa-masa sulit itu sudah ia lalui, tidak hanya dianugerahi dengan tampang yang keren membuat para gadis berasa orgasme ketika melihat kehadirannya dilapangan dengan berteriak-teriak namanya, tapi dia memiliki spirit yang tidak kalah dengan Jenkinson ataupun Wilshere. Ia pun memiliki skill yang bagus. Bukan tidak mungkin bila dia akan benar-benar menjelma menjadi salah satu kekuatan Arsenal di masa depan, setelah mendapatkan pelajaran yang berharga ketika bermain di flank dan duet dengan Arteta.

Gue malah yakin dengan penampilan Ramsey, hey, he is fucking everywhere! Kalau misalnya kita saksikan di layar kaca memang tidak menyadari kalau dia memang ada dimana-mana, ketika menyerang dia berada di sekitaran kotak pinalti, dan ketika bertahan dia berusaha menutup serangan lawan. Dengan catatan yang gue dapat, 33 kali melakukan interceptions, 26 kali melakukan clearences, dan empat kali melakukan block.

Dia masih terlalu muda untuk menanggung beban yang begitu berat, beban karena ekspektasi fans yang berlebih terhadap kemampuannya dan beban mental untuk membuka puasa meraih gelar. Iya, sudah pasti 8 tahun tanpa gelar sehingga beban itu semakin berat.

Bukan hanya beban untuk mengembalikan kejayaan Arsenal kembali, tetapi beban yang menekan mental mereka bila bermain buruk mendapatkan cemoohan dan kritik dari supporter. Terlalu cepat untuk mengatakan bila permainan Ramsey sudah kembali membaik di musim ini, namun pada kenyataannya memang benar permainan yang ia tampilkan membaik meski sering melakukan kesalahan fatal.

Tapi, mungkin musim depan atau musim depannya lagi kita akan melihat bagaimana penampilan Ramsey ketika mencapai usia emasnya. Ketika tempaan demi tempaan ia lewati dengan baik membuatnya untuk dapat berkembang lebih dari hari ini. harapan itu masih dapat ditunjukan kepada Ramsey.

One Aaron Ramsey!

Is Only One Aaron Ramsey!

 Image

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s