arsenal

You’re Arsenal Hero, Rocky!

Image

tepat pada hari ini engkau telah pergi untuk selama-lamanya, pada tanggal 31 Maret 2001. penyakit yang bernama non-Hodgkin’s lymphoma itu menyerang tubuhmu, sebuah penyakit  kanker ganas yang menyerang sistem kekebalan tubuh. aku tahu bagaimana rasanya harus bolak-balik melakukan kemoterapi, bahkan aku pun mengetahui bila presentase untuk sembuh dari sakit yang kau derita tidak terlalu tinggi, tapi kau tetap berjuang agar dapat sembuh untuk melewati penyakit kanker tersebut.

aku tidak terlalu mengenal siapa dirimu, tapi ketika aku mulai membaca dan melihat cuplikan video tentang dirimu, aku terenyuh. bahkan ketika saat pertandingan tadi melawan Reading, aku hampir menitikkan air mata saat menyanyikan chants namamu, Rocky.

sosok yang besar dari keturunan imigran Karibia . masa kecilmu pun berat, ketika kau baru berumur 5 Tahun sudah kehilangan seorang ayah. tapi sepakbola merubah segalanya, bakat dan talenta yang kamu miliki itu luar biasa. seorang David Dein pun ketika melihat kau sedang berlatih di akademi Arsenal, ia berlari kegirangan dan sangat bahagia untuk menemui istrinya dan mengatakan sebuah berita yang luar biasa menurutnya.

‘I ran home immediately to my wife in excitement and said, ‘I’ve seen the nearest thing to a Brazilian footballer you’ll ever see in our Academy…..and he’s from Lewisham!’ – David Dein

bahkan ketika sebuah penyakit yang menyerang pengelihatanmu, kau tetap berjuang untuk bangkit dan tidak menyerah begitu saja terhadap keadaan. kecintaanmu terhadap Arsenal tidak perlu diragukan lagi, kau adalah salah satu hasil didikan Arsenal yang terbaik. karena cintamu terhadap Arsenal, kau rela untuk bermain di segala posisi untuk dapat terus mengenakan jersey Arsenal. ketika kau menyadari bahwa dirimu masuk ke dalam daftar jual, kau menangis dan tidak ingin untuk meninggalkan Arsenal.

ketika kau telah meninggalkan Arsenal, para fans Arsenal tidak pernah melupakan dirimu tidak jarang di setiap pertandingan akan terdengar suara chants namamu. karirmu terus meredup setelah meninggalkan Arsenal, bahkan kau rela untuk bermain di sebuah negara antah berantah yang jauh dari London, kau bermain di sebuah negara di Asia Tenggara yang bernama Malaysia.

aku terlalu muda untuk mengenalmu, bahkan ketika aku baru lahir kau telah meninggalkan Arsenal. ketika umurku baru 9 Tahun kau telah meninggalkan dunia ini untuk selamanya, namun engkau tidak pernah akan kami lupakan. seorang pahlawan yang lahir dengan kecintaan yang besar terhadap Arsenal.

Image

di mulai dari menit ketujuh, semua penonton berdiri dan menyanyikan sebuah chants “Oooooooh Rocky, Rocky !!! Rocky, Rocky, Rocky, Rocky, Rocastle !!” . sebuah tanda bahwa kami tak pernah melupakanmu, sebuah tanda bila kami mencintaimu, sebuah tanda untuk mengenangmu.

aku rindu bila ada titisanmu kelak di Arsenal, seorang pemain yang bermain karena rasa cintanya terhadap Arsenal, pemain yang memiliki daya imajinasi yang tinggi, bahkan tidak kenal yang namanya menyerah. mungkin ada satu nama yang disandingkan yaitu Jack Wilshere, namun dia masih terlalu muda dan aku tidak mau untuk memberikan dia sebuah label yang terlalu berat untuk dia tanggung.

tidak ada yang dapat mengantikanmu, karena kau begitu spesial. kau begitu luar biasa! Rocky!

aku tidak tahu harus apa lagi yang aku tulisakan di dalam tulisan ini. bahkan untuk membiarkan jari jemariku untuk bergerak saja terasa kaku, mataku selalu berkaca ketika membiarkan lagu the away boyz menyala dengan pelan yang memberikan aku hanyut dalam sebuah perasaan yang begitu mendalam.

tahun 1989 adalah tahun yang bersejarah, dimana hanya ada keajaiban yang membuat Arsenal dapat juara dan di pertandingan terakhir harus menghadapi Liverpool yang memuncaki klasmen sementara, hanya kemenangan dan beda selisih 2 gol untuk membuat Arsenal juara. dan ternyata, keajaiban itu bernama David Rocastle. tidak ada gol yang kau ciptakan tapi peran vital untuk memberikan Arsenal kemenangan, akhirnya berbuah manis. Arsenal juara di Anfield. dan kami tak pernah melupakan kemenangan yang dramatis tersebut, selain kejadian tersebut sampai naik menjadi sebuah film yang bernama Fever Pitch.

Image

bahkan sebuah banner di atas akan selalu terpampang di Emirates.

ketika kami menyanyikan namamu…

kami selalu merindukanmu…

david rocastle…

kau adalah seorang pahlawan..

rocky..

saya adalah gooner pada generasi muda yang tidak mengenal kau, generasi yang hanya mengenal kau lewat setiap artikel yang gooner lainnya tuliskan, atau lewat video. tapi, hari ini kami mulai mengetahui betapa luar biasanya dirimu.  bahkan seorang dave di blognya mengatakan Perry Groves, karena kau merupakan hard working Gooner, dan Dennis Bergkamp, karena kau merupakan seorang pesepakbola yang artistik. dan dirimu adalah gabungan dari dua nama tersebut.

rocky, oh rocky. we love you!

maaf bila aku tidak terlalu bagus dalam menulis tentang dirimu, karena aku telah kehabisan kata-kata untuk diungkapkan, karena semua kata tersebut telah habis diucapkan oleh banyak gooner lainnya. bila aku diberikan kesempatan untuk berkata tentang dirimu, kau adalah Pahlawan!

Image

terima kasih Dave untuk sebuah tulisan yang memberikan saya pengetahuan yang banyak untuk mengenal sosok pahlawan bernama David Rocky Rocastle. tulisannya http://1nildown2oneup.net/rockyremembered/ sangat memberikan inspirasi dalam menuliskan tulisan ini.

aku sudah tidak dapat menulis lagi, karena air mata sudah mulai membasahi kedua bola mataku.

terimakasih! untuk semua yang telah kau berikan Rocky!

Standard

Leave a Reply

