arsenal

Kami Lelah Dengan Semua Ini

Selalu setiap pertandingan berakhir akan terjadi kembali perpecahan di antara dua kubu, yang satu bela-belaan dukung Arsene dan yang satu lagi cecer senyinyirnya ke Arsene. Mereka yang mengaku AKB dan Non-AKB, apa engga capek apa setiap selesai pertandingan kalau Arsenalnya kalah selalu begitu?

Mungkin bukan gue doang yang lelah dengan hal ini semua. Dan menurut gue hal ini yang paling mudah dijadikan ejekan bagi fans klub lain untuk menyerang para orang yang mengaku mendukung Arsenal.

Berkali-kali gue menegaskan gue bukanlah mendukung Arsene atau pengen Arsene out, cuma gue sih ngedukung siapa pun yang berada di Arsenal. Maklum gue kan cuma orang yang mengaku mendukung Arsenal, gue bukan orang yang hapal mati sejarah Arsenal, bukan juga ngedukung Arsenal sejak lama, ya gue dukung Arsenal itu baru… ya dua atau tiga musim yang lalulah.

Ya kalau situ udah benci dengan Arsene, pasti deh dijamin situ bakal anggep Arsene itu kepala batu yang layak untuk selalu mendapatkan cacian, hinaan, selalu salah, dan akhirnya berkampanye deh mengikuti para supporter yang berada nun jauh disana untuk mengatakan wenger out atau au revoir wenger. Kasihan wenger, apapun yang dilakukan selalu salah. Gue bukanlah orang yang jago dengan psikologi, tapi dalam hemat saya sih kalau orang yang selalu dicecer padahal dia udah melakakukan tindakan yang benar iya kemungkinan besar dia susah untuk berkembang. Apa lagi setelah itu mencecer pemain muda yang mentalnya masih labil, semakin banyak tekanan yang dihasilkan untuk para pemain. Mereka udah main, mereka udah berjuang tapi tetap di blame ya kasihan juga sih. Ada lagi yang benar-benar cinta buta dengan Arsene, apa pun yang dia lakukan selalu dianggap benar.

Untuk saat ini, mungkin kita yang sebagai para orang yang mengaku mendukung Arsenal. Lebih baik sih ya ngedukung seluruh pemain, berikan semangat bagi mereka. Ini memang masa-masa tersulit untuk Arsenal, beban dan tekanan yang diberikan kepada pemain dan pelatih sangat besar. Mukeeee gilee….

Memang tidak mudah menjadi fans Arsenal, tapi lebih tidak mudah lagi untuk tidak mencintai Arsenal.

Di saat ini, hati gue gundah gulana dan sedang menangis saat menuliskan artikel ini. kekalahan yang menyakitkan ini harus memperpanjang puasa gelar, mungkin ada benarnya Arsenal adalah menjadi klub yang konsisten sekarang ini, konsisten untuk puasa gelar.

Gue pun sering ketawa miris ketika membaca orang yang sering mengatakan kalau dia di-PHP-in Arsenal. Sebenarnya gue bingung wong media yang bikin berita dan kita percaya dengan media itu, lalu karena saking percayanya jadi sakit hati deh karena di-PHP-in. Jadi salah siapa?

Kasihan engga sih dengan para orang yang baru tobat dan mengaku mendukung Arsenal, ketika mereka bertanya atau mengikuti sebuah fansbase dan mendapatkan asupan berita yang selalu negatif bahkan ketika dia bertanya, eh malah dijawabnya begitu sama adminnya. Entahlah, itu adminnya mantan akun rokok itu apa dia mau ngikutin fansbase di Inggris sana? Atau oleh orang yang selalu melakukan blunder ketika memberitakan sebuah berita yang ternyata salah dan doi memang dikenal dengan kacaperannya?

Gue sih bodo amat dengan semua itu. Toh yang gue dukung itu klub eropa, gue sih ‘glory hunter’ dan dalam benak gue cuma satu yaitu DUKUNG! Haaaah… ada lagi yang selalu mengatakan kritikan itu bagian dari dukungan dan kecintaan kita, tapi kalau kritiknya dilandasi dengan kebencian itu dimasukkan kebagian mana ya? kalau Arsenal akhirnya buka puasa dan dapat gelar, situ dapat apa emang? Iya, paling cuma prestise dan kebanggaan singkat yang didapat bukan? Cuma bentar, kalau misalnya klub lokal yang situ dukung juara, itu baru luaaaaaar biasa.

Mungkin benar kata orang bijak dulu, semakin pohon itu tinggi, akan semakin kuat angin yang menerpanya. Arsenal sedang naik dan semakin besar, permasalahan yang dialaminya akan semakin besar, sekarang bertambah dengan perang kedua kubu. Kapan semua ini selesai? Sampai piala itu akhirnya singgah di lemari piala Arsenal? Terus, kalau kampanye situ sukses untuk melengserkan board dan Arsene dari jabatannya, situ bakal senang? Apa untungnya buat situ? Kalau misalnya perubahan itu ternyata efeknya malah bikin hancur, apa situ bakal ngerengek-rengek untuk mereka kembali?

Sepakbola itu adalah hiburan yang murah, apa lagi kita sebagai orang yang mengaku mendukung Arsenal dari depan layar kaca. Cukup duduk di depan layar televisi gratis. Mungkin kalau mau yang agak berkorban sih, datang ke tempat nobar di regional, paling kalaupun ada htm engga terlalu gede juga. Gue memang bukan orang-orang yang berada di balik layar dari kepengurusan di regional, tapi kadang kita ada yang ngeluh mending nonton di rumah gratis engga usah bayar htm segala. Tapi iya, htm juga kan untuk kehidupan regional situ juga. Bohong yang namanya sebuah organisasi engga butuh yang namanya uang. Bahkan klub sepakbola pun butuh yang namanya uang untuk kehidupan dan keberlangsungan klub.

Sepakbola itu memang udah berubah cuma kok Arsene begitu keras kepala untuk keukeuh dalam pendiriannya ya? gue pernah bertanya di twitter, apa bedanya keras kepala dengan orang yang idealisme? Dan ada yang jawab sama kaya halnya apa bedanya single dan jomblo. Berarti hampir sama kan? Iya, menurut gue adalah Arsene itu orang yang idealis dan mempunyai cara pandang jauh ke depan. Pemikiran seorang pemimpin itu selalu jauh ke depan, sehingga kita engga bakalan nemu dan mengerti apa yang dia pikirkan hingga akhirnya di titik point tertentu kita akan menyadari ternyata jalan pemikirannya yang selama ini kita anggap gila dan bodoh itu ternyata benar. Namanya penyesalan akan terjadi di akhir bukan di pertengahan dan bukan diawal.

Apakah kamu tulus mencintai dan mendukung Arsenal?

Sampai kapan kamu terus berbeda keyakinan dan mencerca setiap orang yang berbeda pendapat dengan kamu? Padahal aku, kamu, dia, dan mereka sama. Kita sama mendukung Arsenal.

Janganlah ngebuat kata-kata, apa kamu benar mencintai Arsenal? Atau Arsenal dengan Arsene?itu basi. Kalau banyak orang yang kampanye soal kaya gitu, gue cuma kampanye lewat media tulisan ini untuk mempersatukan dua pihak yang bersitegang. Kita capek! Bahkan muak dengan ini semua! Kalian terlalu egois dan membosankan. Untuk kita orang yang mengaku mendukung Arsenal yang tak mempunyai hubungan dengan Arsenal itu, trophy adalah sebuah bonus ketika kita mendukung Arsenal.

Apakah kita lupa dengan arti dari Victoria Concordia Crescit? Inilah yang membuat Arsenal unik dan besar. Keharmonisan. Iya, KE-HAR-MO-NIS-AN! Perbedaan itu seharusnya membuat kita menjadi kuat, bukan membuat kita semakin terpecah sehingga sering beradu pendapat dengan akhirnya ada kata cemoohan? Mana katanya kemenangan berawal dari keharmonisan? Sekarang aja dari fansnya udah engga harmonis, kenapa kita engga belajar untuk membuatnya menjadi harmonis kembali? Bersatu mendukung Arsenal di saat keadaan kritis dan berada di titik nadir ini dengan segala kekuatan kita?

Seandainya kita bisa menyatu, tanpa menyerang pihak yang berlawanan dengan cara pandang kita. Seadainya.. oh seandainya.. entah kapan itu bisa terjadi, seandainya orang-orang yang mengaku mendukung Arsenal itu menyadari semuanya. Dan membuat kekuatan yang besar untuk memberikan aliran positif yang mengalir dari Indonesia untuk Arsenal.

Aku sudah lelah. Aku sudah letih. Aku terlalu capek ketika melihat mereka lagi dan mereka lagi. Bahkan aku sudah dapat membaca arah aliran mereka dan kapan mereka akan ribut. Bahkan ketika seorang AKB bilang ke orang yang NON-AKB itu mereka karbitan. Terus dibalas dengan Non-AKB dengan banyak macam hal.

Gue adalah penikmat sepakbola dunia. Jelas, gue adalah seorang karbitan yang engga jelas ngedukung klub mana. Gue cuma second class gooner. Tapi gue adalah the unsung hero untuk klub yang gue dukung, gue memang engga bakalan dapat apa-apa ketika mereka menang, bahkan ketika mereka kalah gue selalu sakit.

Inilah yang membuat saya tambah cinta dengan klub ini. banyak yang dapat dipelajari.

Keep the faith and always believe mate!

Standard

16 thoughts on “Kami Lelah Dengan Semua Ini

  1. Tulisan yg bnar2 bagus! saya jg baru satu musim kmarin mlai dukung Arsenal. bkan bnar2 die hard Arsenal yg udh sejak lama tau bnar tntang Arsenal. Memang harus disatukan smua kalangan Gooner, berhenti terpecah belah. Dan mungkin(jangan sampai) tahun ini mnjadi #8TahunTanpaGelar kalau gak dapet lagi UCL. Mohon izin utk nge-share.

  2. muflih says:

    super skli gan ane juga dukung arsenal baru 2-3 musim lalu
    sama kayak agan klau mereka menang kt gak dpt apa2
    kalau kalah kt dapat cacian dari fans lain
    apalagi di regional ane banyak fans nya MU.tiap Arsenal main menang / klah tetep aje ane dihina,apalagi mereka punya mantan pemain kita rvp

  3. Ike says:

    saya juga baru th 2010 jd fans Arsenal. Tapi saya bener2 cinta sama Arsenal. Dan satu yg saya selalu pertanyakan : knp wenger dan pemain selalu disalahkan kalo mereka kalah?
    Mereka udah capek. Saya yakin mereka juga ingin menang biar fans-nya bangga.
    Kirain gak ada yg capek dg sikap fans kayak gini. ternyata ada juga.

    tulisan yg sangat bagus. semoga bisa membuka mata para fans Arsenal lainnya yg bangga pas bersuka cita, malu pas berduka cita.
    what? This is Arsenal. I love Arsenal till i’m die. Win or lose, It’s still Arsenal that i love so much♥

  4. bani aji says:

    “gue memang
    engga bakalan dapat apa-apa ketika
    mereka menang, bahkan ketika
    mereka kalah gue selalu sakit.” sama banget ya. haha dan ini yg membuat kita semakin kuat. kenapa bisa? pdhal kita disakitin trus kalau mereka kalah. ya mungkin ini yg namanya cinta :))

  5. wah keren euy. Gue udah ngefans sejak tahun 2006 – 2007an. Tp baru bener2 bisa ngikutin baru 2009. Soalnya wkt SMP ga boleh nntn bola malem2. Hehe. Aplg mau UAN wkt itu. *curhat haha. Tp emg dulu ngefans ga tau apa2. Dan bukan dr permainan arsenal. Tp dulu wkt maen WE ga punya jagoan. Terus disuruh pake arsenal. Haha. Maklum, dulu ga ngerti klub bola. Tp sejak nonton arsenal pertama kali lupa diajang apa dan kalah lwn MU, anehnya, gue malah suka. Jd gue tetepin dukung arsenal sampe skrg. So, i support arsenal now and till i die!!! Just bring our glory back!!! I’ll support! No matter what!!

  6. reza says:

    waini bagus buat dibaca. emg bener kita sih fans layar kaca yg cm bisa ngechants depan layar, tp gak menghentikan kita buat support arsenal apapun situasi dari klub itu sendiri, mau kalah atau menang, dpt gelar atau puasa gelar. knp sih fans lain sll hina kita dg puasa gelar? anggep aja mereka itu perhatian sampe segitu hapal nya. bener tulisan yg diatas, semakin tinggi pohon semakin kencang angin nya. arsenal club besar, hal kecil apapun jd bahan ejekan untuk yg lain. tp gw bangga jadi fans arsenal. cacian, makian, hinaan gw diem krn suatu saat pas waktunya arsenal angkat trophy gw dg bangga bilang THIS IS ARSENAL buat semua yg hina arsenal. cintai arsenal sprti pacar yg saat susah kita selalu ada dan dukung. good work bro, lanjutin hal positif dg tulisan2 anda. sekian. WE LOVE YOU ARSENAL, WE DO!!!!!!

  7. bagus banget tulisannya. menginspirasi banget buat fans arsenal yang belum lama juga kaya saya. saya suka arsenal. jikalau arsenal pun dapet tropi, saya suka arsenal bukan karena tropinya, saya suka TIM nya. menurut saya, mungkin memang tidak banyak fans arsenal jika dibanding dengan club club lain, tapi sekalinya mereka suka arsenal, mereka bakalan cinta dan setia setengah mati sama arsenal. sekalinya kalah, jd bahan ejekan sana sini. apapun keadaannya tetap dukung arsenal. kita yang jauh disini harus tetep dukung arsenal. just watch, support, and proud to be gooner!! keep goonering, keep loyal ! I know I am, I’m sure I am. I’m Arsenal ’till I die🙂

  8. kun w says:

    king eric cantona sepertinya pernah bilang kita bisa berganti istri atau agama sekalipun tapi tidak untuk berpaling dr klub idola. Respect, tulisan anda bagus sekali. salam gooners till die

  9. gua suka arsenal sejak 2007. gua baru merasakan nama nya mendukung tim yg kita suka,
    bener sehh kita cuma fans layar kaca.
    yg cuma bisa nahan sakit hati ketika arsenal kalah,
    dan meluapkan kkegembiraan ketika arsenal mampu menang.
    dan menurut gua trofi itu cuma bonus untuk kita,
    yang kita cari adalah kesetiaan kepada tim yg kita sayang.
    win lose or draw gua tetep gooners .

    vcc

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s