arsenal, bola

curhatan seorang supporter bodoh.

Supporter…

Entahlah bagian apa yang membuat gue tertarik menuliskannya, padahal dalam supporter itu biasa aja. Tapi para supporter itu adalah pahlawan bagi setiap bagi klub yang mereka dukung, terserah mau di sebut die hard atau karbitan yang pasti mereka ngedukung suatu klub bukan?

Kalau ada yang karbitan kenapa? Ada yang salah? Kenapa karbitan terus lo cela? Karbitan itu adalah pilihan, bro! Sama halnya kaya dalam percintaan, suka sama cowok atau cewek karena fisiknya doang, wajarkan? Nah samalah kaya para karbitan ini. :smile

Jadi ada yang salah? Harusnya sih, menurut gue ya, kalau lo punya teman yang karbitan itu lo sadarin dan ingetin. Cinta bukan hanya soal melulu tentang fisik! Dan cinta kepada klub bukan terus-terusan soal trophy yang dikumpulin sama klub.

Die hard juga bukan tentang soal lo lahir dimana, baru bisa dibilang die hard. Anjir, itu engga ada hubungannya. Kalau lo beneran cinta sama klub lo, mau lo tinggal dimana, mau lo berkewarganegaraan apa, itu engga ada hubungannya sama sekali. Karena yang menentukannya itu ada di hati lo. Kembali lagi ke perumpaan tentang cinta, kalau lo udah cinta sama seseorang lo pasti akan mati-matian untuk menjaga cinta lo, ya samalah dalam sepakbola.

Kan udah di bilang, sepakbola itu banyak banget yang bisa dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari yang simpel.

Terkadang gue pun suka ketawa saat, orang yang bilang apa kontribusi lo untuk klub? Kontribusi ke klub bukan melulu soal jersey, tapi bisa lo hubungin dengan lo datang nobar, sharing sama teman-teman lo, chants, datang ke stadion kalau perlu. Iya, kalau fans dari klub luar mah, iya mending ikut nobar yang murahan dikitlah.

Kritik? Kritik itu baik, tapi lebih baik lagi kritik tanpa membenci! Oke, itu terserah pribadinya sih. Tapi, terkadang sekarang gue lihat, orang sering kritik yang malah menghancurkan dan terkesan mencela klubnya. Weeei mereka butuh dukungan lo semua! Mereka butuh kekuatan! Lo, bisa pikir kalau misalnya orang lagi ancur terus lo kritiknya dengan kebencian yang menghancurkan dia, dia susah bangkit!

Namanya juga supporter, ya tugasnya adalah dukung kan? Mau bagaimana pun keadaan klub itu, pastinya tetap dukungkan? Apa lo mau Cuma ada di saat klub lagi masa jayanya, sedangkan masa suramnya lo tinggalin gitu aja?

Cinta itu engga pandang yang namanya trophy, cinta itu engga pandang yang namanya angka-angka di papan skor, cinta itu hanya butuh kesetiaan dan keyakinan! Kalau lo udah yakin dengan cinta lo, pasti bakalan setia. Kalau lo bukan aliansi karbit, pasti lo ngerti ini kan?

Gue ingat dengan satu kata yang pernah diucapkan oleh seorang tuhan yang tidak bisa terbang, “When you start supporting a football club, you dont supporti it because of the trophies, or a player, or a history, you support it because you found yourself somewhere there; found a place where you belong.”

Jadi gimana? Itu terserah kalian.

***

Gue sendiri, udah lama banget engga pernah merayakan kemenangan mengangkat trophy. Gue kangen dengan hal itu, sumpah demi apapun gue kangen. Tapi gue tetap setia untuk klub ini, gue juga masih anak baru yang kenal sepakbola, bahkan gue anak baru dalam mendukung klub ini.

Iya, gue harus memahami sekarang sepakbola telah berubah dan sekarang udah beda jaman, makanya klub yang gue cintai ini selalu berusaha mencari uang terus untuk membayar utang-utangnya. Udah beda jaman, dulu pre-season cuma ngedokem di colney, sekarang? Udah tour mencari pangsa bisnis. Sekarang klub ini terus jualan pemain bintangnya, dan beli pemain muda yang harganya miring. Tapi, klub ini selalu mempunyai ambisi untuk masuk 4 besar, apa alasannya? Gampang, yakni UANG!

Kalau lo ngedukung suatu klub, bingung engga kalau klub lo itu punya fansbasenya melimpah? Gue pasti bingung. Untuk dukung klub lokal aja gue bingung untuk ikut yang mana, karena gue dukung tim lokal yang punya fansbasenya melimpah, bukan Cuma satu atau dua tapi ada banyak.

Lo ngedukung dan bersyukurlah kalau punya satu fansbase yang jelas. Kalau bener cinta sama klub lo, ikut sama mereka dan gabung dengan mereka, bukannya ogah-ogahan dan malah membentuk tim independent. Sorry to say, itu juga bentuk kontribusi lo ke klub lo.

Cinta itu butuh yang namanya pengorbanan kan yes? Iya itulah bentuk kecil pengorbanan lo, ikut gabung sama mereka, nobar sama mereka, ngechants sama mereka, teriak bareng, nangis bareng, bahagia bareng. Simpel kan? HTMnya mahal? Lo pikir yang di sana? Bayar satu tiket untuk duduk di stadion murah? MAHAL! Iya.iya.. akan banyak alasan yang akan lo keluarkan, tapi itu salah satu bentuk kecintaan lo kok.

gue sih udah banyak lihat gimana kecintaan seorang terhadap suatu klub lokal, mereka rela away jauh-jauh untuk ngedukung klubnya dan itu masih bocah! Dari Medan ke Jakarta. Ah, gue pengen sekali untuk dapat seperti itu, sekali saja dapat nonton langsung di stadion teladan.

Di artikel ini, gue bukannya mau untuk menyalahkan siapa pun dan seperti biasa dalam gaya penulisan gue yang absurd dan berantakan ini. gue Cuma pengen satu hal, kalau lo ngedukung suatu klub dukung klub itu bener-bener.

Karena kita adalah pahlawan bagi mereka. Kita adalah bagian terpenting bagi klub. Supporter akan selalu mendukung klubnya apapun yang terjadi, bila mereka terdegradasi, mereka akan terus dukung. Kasus seperti Rangers, saat klub ini hancur karena ekonomi dan degradasi ke divisi terbawah. Supporter mereka tetep memenuhi stadion hanya untuk mendukung klub yang mereka cintai ini.

Kalau situ ngaku supporter, teruslah support klub situ. Kalau pemainnya bermental tempe, situ punya kebebasan untuk mengkritik, tapi ya kritik itu yang membangun. Bukan karena benci atau gimana.

Yasudahlah, daripada semakin mengawur, mending gue tutup saja tulisan curhat saya yang engga jelas ini, semoga bermanfaatlah.

Standard

Leave a Reply

