bola

Fiorentina 1.

Sebuah klub yang berlambang bunga lili dan memiliki warna kebesaran ungu ini sangat familiar bagi pecinta Serie-A pada medio 90an sewaktu masih diperkuat oleh Three Musketeer yaitu Rui Costa, Gabriel Batistuta, dan Toldo. Klub yang bermarkas di Artemio Franchi menjadi kandidat peraih piala Serie-A musim itu tapi semua berubah ketika krisis keuangan menerpa mereka di awal tahun 2000, semuanya menjadi kelam dan penjualan pemain pun tidak mampu menyelamatkna mereka dari kebangrutan.

Fiorentina Bangkrut dan degradasi ke kasta terbawah. Semua mulai berubah ketika seseorang membeli kembali nama ACF Fiorentina saat klub ini ada di Serie-B lalu mereka kembali ke kasta tertinggi yaitu Serie-A!

Perombakan dilakukan pelatih macam Prandelli di tunjuk untuk menangani Fiorentina pada musim keduanya di Serie-A. Fiorentina bergerak di bursa transfer dengan membeli pemain yang sudah dikatakan habis masanya yaitu Frey dan Mutu yang membuat klub ini kembali bersaing di Serie-A. Mereka yang sudah di anggap habis kembali menemukan permainannya saat bermain di Serie-A tidak cukup dengan itu mereka pun membeli Luca Toni yang menjadi mesin gol mereka.

Mereka terus melakukan perubahan demi perubahan membuat klub ini semakin kuat dan solid hingga akhirnya mereka berhasil masuk ke UCL lalu lolos dari fase grup yang akhirnya harus tersingkir oleh Bayern namun perjuangan mereka sangat fantastis dengan modal dikit dan pemain yang tidak terlalu diunggulkan namun mereka cukup membuat kejutan di level eropa.

Cerita indah itu mulai menurun seiring dengan naiknya jabatan Prandelli menjadi pelatih timnas Italia, performa di Serie-A mulai menungkik dengan drastis, mereka bahkan kalah dengan Napoli bukan cuma itu tapi mereka bukan gagal bersaing untuk merebut tiket ke eropa.

Montella!!

Sosok yang tak bisa dipungkiri kebangkitan Fiorentina pada musim ini. Pelatih muda yang membawa kejutan saat melatih tim sekelas Catania yang membuat jajaran direksi Fiorentina tertarik untuk membawa dia melatih klub berlambang bunga lili ini. Perombakan kembali dilakukan pemain muda dan pemain berpengalaman di datangkan untuk mengisi skuad Fiorentina dibawah asuhan Montella, hasil yang dapat dirasakan hingga sekarang ialah senyuman kebanggaan mereka membuat kejutan demi kejutan hingga bertengger di posisi kedua hingga saat ini.

Borja Valero, Aqualani, dan Pizzaro merupakan kunci permainan di lini tengah, mereka seperti para komposer musik yang menentukan arah permainan Fiorentina di lapangan. Kehadiran tiga pemain ini membuat para fans dengan cepat melupakan  Montolivo!

Perbaikan di sisi kiper pun dilakukan dengan mendatangkan Viviano, posisi yang paling lemah di musim lalu sedikit mulai sedikit mulai teratasi dengan penampilan yang cemerlang dari Viviano. Posisi belakang pun mulai ada pembenahan meski kehilangan pemain muda seperti Nastasic tapi kedatangan Savic diharapkan dapat menambal lubang pada sisi ini.

Lini depan Fiorentina menjadi sorotan dengan kedatangan pemain berkelas seperti Luca Toni dan Karim El-Hamdoui diharapkan dapat menjadi partner yang ideal bagi Jovetic. Namun di pekan-pekan awal pemain baru ini belum menunjukan tajinya hingga sangat bergantung pada Jojo sapaan akrab bagi Jovetic.

“Fiorentina adalah klub yang akan menjadi pesaing terkuat Juventus untuk meraih gelar musim ini asalkan konsitensi permainan mereka terjaga.” – Prandelli.

Kalimat yang dilontarkan oleh mantan pelatih Fiorentina ini bukan sekedar omong kosong tapi didasari dari permainan di lapangan yang begitu indah, bahkan ada yang pernah menyebutkan bila Fiorentina sekarang dapat menyerupai Barcelona dengan permainan penguasan bola yang begitu tinggi dan operan-operan pendeknya, tapi kalimat itu dengan cepat dibantah oleh Montella dengan maksud agar klub, pemain, dan fans tidak terlena dengan mimpi yang begitu tinggi untuk dapat menjuarai Serie-A.

Iya perjuangan dari Fiorentina memanglah tidak mudah dan masih panjang untuk dapat membuktikan ucapan dari Prandelli namun yang paling dibutuhkan dari klub ini adalah konsitensi mereka tetap terjaga. Mereka dapat mengalahkan tim besar macam Milan dan 5 meraih kemenangan beruntun tapi itu masih belum cukup mereka harus berjuang hingga titik darah penghabisan dan pertandingan terakhir.

Bila juara Serie-A masih terlalu jauh raihan mimpi yang paling realistis ialah kembali mendapatkan tiket ke eropa. Persaingan di Serie-A memanglah ketat tapi ini adalah mimpi yang paling realistis untuk didapatkan pada musim ini dengan melihat kedalam skuad La Viola sekarang.

Asalkan konsitensi dan suasana ruang ganti dapat di jaga tidak dapat dipungkiri bila senyum besar akan terkembang bagi supporter Fiorentina dan Montella sebagai pelatih akan mendapatkan hadiah dengan perpanjangan kontrak untuk melatih Fiorentina.

 

***

Gue adalah seorang karbitan Fiorentina yang baru mendukung klub ini. Aneh memang bila kebanyakan orang memilih untuk mendukung klub yang dapat membuat dia bangga dengan raihan trophy pada setiap tahunnya tapi gue malah memilih Fiorentina sebagai tambatan hati gue saat mendukung klub.

“Trophy adalah bonus saat mendukung sebuah klub.” – nn

Ah gue lupa siapa yang mengucapkan kata-kata ini namun gue terkesima dengan klub ini saat kembali lagi ke Serie-A dan gue tidak terlalu mengenal klub ini pada masa keemasan klub-klub Serie-A pada masa itu saat Roma, Inter, Lazio, Parma, Juventus, Milan, dan Fiorentina yang menguasai tangga klasmen Serie-A pada masa itu dengan kekuatan dana yang melimpah membuat liga ini sangat menarik untuk diikuti.

Liga ini memang sedang berjuang kembali untuk meraih kehebatannya masa lalu namun mereka terjenggal dengan keterbatasan dana untuk mengontrak pemain bintang datang Serie-A tapi liga ini akan selalu menghadirkan banyak kejutan dan kejutan. Klub-klub kecil dapat bersaing untuk memberi kejutan pada klub yang lebih mapan dalam kondisi keuangannya.

Fiorentina ialah klub yang memiliki tradisi hebat dan memiliki supporter yang loyal tetap setia mendukung klubnya meski klubnya harus di degradasi karena kebangrutan yang dialaminya bukan cuma supporter yang berada di Italia tapi banyak supporter Fiorentina yang di Indonesia yang setia mendukung klub ini hingga saat ini.

Sebuah keindahan masa lalu, kebangkitan seni dari masa kelamnya ikut mewarnai sejarah klub ini. Firenze merupakan kota yang sangat terkenal akan seninya dan dari kota ini terkenal seniman dunia yang terlahir dan besar disini. Firenze pun menjadi saksi sejarah kembali kebangkitan klub berwarna ungu ini kembali pada dekadenya dengan kekuatan dana yang dimiliki dan memiliki pelatih yang jenius meracik strategi membuat kenyataan bahwa Fiorentina sedang bangkit kembali.

Mimpi itu akan menjadi nyata dan gue memiliki keyakinan kuat bila Fiorentina akan kembali berjaya sama seperti gue masih percaya akan buka puasanya gelar di kubu Arsenal. Untuk gue Fiorentina, Arsenal, dan Feyenoord sangat berarti dalam diri gue, mereka mengajarkan tentang arti kesetiaan dan loyalitas. Bukan cuma menjadi menjadi sekedar fans namun menjadi seorang Supporter J. Bukan hanya menjadi seorang Glory Hunter namun benar-benar mendukung klub tersebut.

“Janganlah mendukung klub hanya karena pelatih, pemain, atau trophy tapi dukunglah sebuah klub karena kamu merasakan kamu berada disana.” – The Iceman.

 

Forza La Viola

@jonasima

@Ryo_L13

@legioen13

Standard

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s