arsenal

Arsenal 1.

Arsene out?

Entahlah tiba-tiba otak gue memikirkan hal ini dan juga banyak orang yang menginginkan hal yang serupa tapi gue bertolak belakang hanya otak gue yang memikirkan hal ini.

Jengah dengan pola pikir Wenger yang keras kepala? Miskin strategi?hahaha akan semakin banyak pertanyaan yang akan terlintas bila mau dikumpulkan menjadi satu dan intinya akan semakin menjatuhkan Wenger.

Apa yang salah dengan Wenger? Arsenal puasa gelar hingga 7 Tahun malah kemungkinan bisa sampai 8 Tahun. Sejak era unbeaten yang selalu dibanggakan Arsenal, Wenger seperti mulai menurun hanya mendapatkan satu piala lagi setelah itu. Dan kali pertama Arsenal berhasil menembus final UCL meski akhirnya takluk di tangan Barcelona menit-menit akhir.

Wenger terkenal dengan konsitensinya memakai para bocah yang tak jelas darimana asalnya lalu mengorbitkannya menjadi pemain yang hebat sampai raihan trophy tak pernah mampir di lemari piala di Emirates Stadium. Semua terjadi ketika seorang sugar daddy asal Rusia yang menghancurkan sendi-sendi sepakbola itu sendiri dengan gelimang uang dan mulai saat itu Wenger membongkar timnya dengan isi pemikiran dia akan dapat mengalahkan uang dengan pemain muda.

Seorang pelatih hebat mempunyai pandangan yang jauh ke depan, iya demikianlah untuk pelatih yang bergelar Sarjana Ekonomi ini. Dia mempunyai pandangan jauh ke depan untuk membuat Arsenal menjadi salah satu klub besar, dia meminta jajaran direksi untuk membangun stadion untuk Arsenal yang lebih besar lagi untuk dapat menampung supporter yang mendukung Arsenal ketika bermain di kandang.

From Highbury to Emirates Stadium.

Pembangunan rumah baru bagi Arsenal yang mewah dan besar ini menelan dana yang begitu besar sehingga menciptakan masalah baru bagi Arsenal yaitu utang. Demi menciptakan brand yang kuat untuk Arsenal dibangunlah stadion baru yang megah dan mau tak mau Arsenal mengalami paceklik dana saat bursa transfer bahkan beberapa pemain pindah ke klub lain yang dapat membayar gajinya lebih tinggi daripada Arsenal.

Colney menjadi tempat candradimuka pemain-pemain muda yang berkualitas bahkan mantan pelatih Inggris Fabio Capello mengatakan bila masa depan sepakbola Inggris begitu cerah ketika melihat akademi dari Arsenal ini. Iya tak dapat dipungkiri bahwa Colney tidak kalah dengan La Massia, lulusan cari Colney banyak diincar oleh klub-klub lain apa lagi kalau sudah bermain dengan tim utama Arsenal akan semakin banyak klub besar menggoda pemain tersebut.

Kembali ke Wenger. Wenger yang dipuja dan Wenger yang dihujat. Beda dengan pelatih setan merah yang semakin tua semakin bener dan ngasih piala secara konsisten kepada klubnya sedangkan Wenger malah konsisten untuk mengejar tiket UCL tiap tahunnya lalu semakin kesini Arsenal selalu dipandang sebelah mata untuk dalam perebutan trophy. Sampai mantan pemain sendiri mengatakan bila Arsenal tidak mempunyai ambisi untuk juara!

In Arsene We Rust. Demikianlah kata-kata yang sering diucapkan oleh banyak orang-orang sekarang yang sangat menginginkan Wenger untuk segera angkat kaki dari jabatannya. Lalu apakah ada jaminannya bila suksesor nantinya akan lebih baik? Entahlah.

Wenger sedang membangun fondasi yang kuat untuk menjadikan Arsenal menjadi brand yang kuat seperti MU, Madrid, Barcelona, dan Muenchen. Ivan Gazidis pun mengatakan bila 2 Tahun lagi Arsenal akan menjadi klub besar yang mempunyai brand yang kuat bahkan mempunyai supporter yang besar.

Jadi apa yang salah?

Entahlah yang salah dimana, pasti akan banyak yang menunjuk satu nama yaitu Arsene Wenger! Gue akuin pun beberapa musim belakangan memang penampilan Arsenal menurun dan banyak rekor-rekor yang terpecahkan yaitu, kekalahan terbesar 8-2 oleh MU, posisi hingga melorot ke 17, bahkan yang paling teranyar awal musim yang terburuk Arsenal dengan perolehan point yang rendah dari musim-musim sebelumnya.

“In Arsene We Trust” Arsene may not knows best but he know better than you!!

Sebuah kalimat pembelaan untuk Arsene? Tidak juga tapi inilah sebuah kebenaran. Wenger merupakan salah satu pelatih yang mempunyai tanggung jawab banyak bukan hanya soal klub tapi soal finansial pun dia bertanggung jawab. Arsenal berdiri dengan kekuatan di atas kaki sendiri bukan karena Sugar Daddy! Bukan karena Brand! Bukan karena Pemerintah! Tapi Arsenal berdiri karena usaha SEMUA!

Masih ingat dengan kejadian tahun lalu saat rapat tahunan pemegang saham? Dimana kejadian keributan antara para pemilik saham yang mayoritas antara Kroenke dan Usmanov. Lalu penampilan Arsenal yang buruk sehingga banyak yang meminta Wenger turun juga. Sekali lagi gue akan bilang Wenger merupakan salah satu pelatih yang lantang bicara di depan rapat, “We Are United!”.

Pertamanya pas gue baca ini gue mengira itu ditunjukan kepada keributan untuk menguasai Arsenal tapi bila ditelisik lebih lagi, makna dari kalimat tersebut ditunjukan kepada semuanya bukan hanya board tetapi untuk pemain bahkan untuk para supporter. Arsenal akan kuat dan menjadi tim besar bila kita semua bersatu, bodohnya kita para orang yang mengaku supporter Arsenal selau terpecah dengan AKB dan non-AKB!

Kenapa kita harus terpecah dan saling mengejek bila kita mengaku kalau kita sama-sama mendukung Arsenal? Ironi. If you’re gooner, we are brother.

Gue bukan orang yang akan terus mencari pembenaran untuk Wenger tetapi gue akan tetap mendukung klub kebanggaan gue Arsenal. Gue pun bangga ketika mendengar nama Arsene Wenger dia pun yang mengajarkan sebuah arti loyalitas dan tanggung jawab. Dia tetap bertahan ketika mendapat tawaran dari klub sebesar Madrid bahkan dia menolak ketika negaranya sendiri meminta dia untuk menjadi pelatih, dan dia tidak meninggalkan Arsenal ketika Arsenal terpuruk, dia yang bertanggung jawab untuk semua.

Masih inget komentar Theo sewaktu Arsenal berhasil comeback yang luar biasa ketika melawan Tott?

“Pelatih hanya mengatakan kepada kami semua, bila kalian masih ingin melihat saya melatih kalian lakukanlah yang terbaik.” Mungkin gue salah mengutip tapi seingat gue kalimatnya pada intinya seperti ini.

Ketika banyak pemain yang keluar tapi dia tetap bertahan. Ketika permainan klub buruk dia tidak serta merta menyalahkan pemain tapi dia selalu berkata “KAMI”, ketika banyak pelatih yang berteriak bila pemain buruk dia tidak sering berteriak hanya diam di pinggir lapangan dan melempar botol ke tanah.

Ketika pemain yang ia bentuk dan menjadi tulang punggung klub pergi, ia harus mencari pengantinya. Ketika klub mempunyai keterbatasan dana ketika mencari pemain yang hebat dengan kemampuan yang dimiliki klub, ia mencari pemain yang mentah untuk dipoles hingga setiap musimnya selalu demikian. Setiap musim sering melakukan bongkar muat dan setiap musimnya Arsenal seperti memiliki tim yang baru, yang menyebabkan kegoyahan setiap musimnya. Bila pemain-pemain itu tidak keluar oleh karena alasan uang akan dijamin Arsenal sudah mempunyai fondasi yang kuat untuk juara bukan cuma EPL tapi UCL! Mimpi? Tentu saja tidak J

Pemain yang dibilang kualitasnya kurang untuk membela klub sebesar Arsenal, pemain yang tidak mempunyai konsitensi, pemain yang sering kehilangan passion saat membela Arsenal itu semua menjadi bercampur menjadi satu dengan pemain yang berkualitas top dibawah panji Arsenal.

Piala UCL lebih berharga daripada piala emas Unbeaten. Itu kata tetangga sebelah yang dimiliki seorang sugar daddy. Gue bangga akan Arsenal meski belum meraih piala itu berarti Wenger dan Arsenal masih mempunyai ambisi dan keinginan untuk meraih piala yang belum pernah di raih oleh Arsenal sepanjang sejarah.

Bukan sebuah tulisan yang membela tapi adalah bentuk dukungan. Ketika klub bermain buruk lebih baik kita semakin meningkatkan suara kita untuk bernyanyi hingga mereka kembali bersemangat, ketika pelatih terpuruk lebih baik kita terus mendukungnya bukan hanya menghujatnya dan mencemoh dirinya.

Semakin banyak hujatan dan cemohan di saat terpuruk akan berimbas pada permainan keseluruhan, baik dari sisi pelatih maupun pemain. Bila klub yang kita puja dan dukung mengalami keterpurukan wajiblah para supporter untuk terus mendukung.

Mengambil dari the kop pledge.

  1. Always support the team, now matter how bad they are playing.
  2. If the team is doing badly, cheer even louder as they need your support more.
  3. If a player is struggling, sing his name louder and more often as he needs it.

Sebenarnya ada satu lagi tapi gue mengambil cukup tiga dan ini sudah begitu mendalaminya. Inilah bagian yang harus dilakukan oleh para supporter.

“One Arsene Wenger! Is only one Arsene Wenger!”

“and its Arsenal! Arsenal FC! We’re by far greatest team the world has ever seen!”

 

Gue adalah seorang karbitan tapi bukan seorang glory hunter, gue adalah orang yang mendukung klub-klub yang mempunyai bagian supporter yang hebat, spartan, militan, dan loyal! Seorang supporter akan terus bernyanyi dan mendukung klubnya meski klubnya bermain seburuk apa pun. Akan terus mendukung pelatihnya ketika di tengah banyak krisis, mungkin mereka akan kehilangan kepercayaan dirinya untuk merebut gelar tetapi dengan teriakan para supporter mereka akan dapat kembali dengan kepercayaan dirinya untuk terus berusaha menjadi yang terbaik.

Sebenarnya banyak yang pengen ditulis tapi cukup demikian dulu untuk tulisan kali ini.

IN ARSENE WE TRUST.

Keep your faith and believe mate J

Tulisan dari :

@legioen13 , @Ryo_L13, dan @jonasima

Standard

4 thoughts on “Arsenal 1.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s